Sunday, March 29, 2015

Cara Mendefragment Harddisk Di Windows 7


Cara Mendefragment Harddisk Di Windows 7


Defragment merupakan suatu proses yang dipergunakan untuk menyusun,menata berbagai file dan isi dalam sebuah harddisk.
Seperti yang kita ketahui, bahwa mendefrag harddisk sangatlah penting, karena Harddisk yang terfragmentasi akan memperlambat prosses transfer data di komputer. Solusinya adalah anda harus melakukan defragment pada harddisk, karna
dapat meningkatkan kecepatan membaca data komputer karena tersusunnya data secara rapi pada harddisk.
Selain itu defrag juga dapat mengakomodasi kestabilan dan kondisi hard disk.
Apa yang menyebabkan komputer harus di defrag ? Komputer harus di defrag disebabkan oleh proses manipulasi data yang terjadi pada hard disk softholic mania seperti (install/uninstall program, delete file, move file, copy file, ataupun manage file).

Oke langsung saja bagaimana cara mendefragmentasi harddisk di windows 7 :
  1. Pertama, buka aplikasi Disk Defragment.Yaitu dengan cara Klik Start > All Programs >  Accessories > System Tools > Disk Defragmenter.

  2. Lalu lakukan analysis pada semua partisi harddisk di komputer anda.Caranya klik Analyze Disk. 

  3. Lalu proses analysis akan berjalan


  4. Tunggu hingga proses analyisis selesai


  5. Nah, pada saat ini sudah ketahuan bahwa Drive C:/ mengalami fragmentasi sebesar 10% dan Drive D:/ mengalami fragmentasi sebesar 2%.
    Pada saat ini kita bisa memulai proses Defragment harddisk.

  6. Langsung saja klik tombol Defragment disk. lakukann ini pada semua drive.

  7. proses defragmentasi harddisk akan berjalan, Lalu tunggu prosses defragmenter hingga selesai, biasanya ini memakan waktu hingga 5 - 10 Menit.


  8. Jika proses Defragmentasi telah selesai, maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.


  9. Dan proses defragmentasi telah selesai.
Berikut Tips melakukan defragmentasi secara rutin :

3 bulan sekali jika Anda:
Menggunakan internet hanya sebentar saja tiap harinya Jarang melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda Koleksi file Anda kecil, hanya beberapa giga, dan jarang Anda tambahi atau kurangi

2 bulan sekali jika Anda:
Menggunakan internet beberapa jam tiap hari Kadang-kadang melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda Terkadang menambah atau menghapus file, namun masih dalam kapasitas yang tidak terlalu besar Terkadang bekerja dengan program-program editing grafis (Photoshop, After Effects, Premiere, dll)

1 bulan sekali jika Anda:
Menggunakan internet berjam-jam tiap hari Sering melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda Sering menambah dan menghapus file dalam skala besar Sering bekerja dengan program-program editing grafis Sekian tips melakukan defragmentasi disk. Selamat Mencoba :D

No comments:

Post a Comment